The Smile, Band Baru Thom Yorke dan Jonny Greenwood

  • By:
  • Rabu, 22 December 2021

Setelah sukses bersama Radiohead, Thom Yorke dan Jonny Greenwood, bersama dengan drummer Sons of Kemet, Tom Skinner, terlihat berlatih untuk proyek musik baru mereka. Side project barunya ini diberi nama The Smile. Grup ini pertama kali diperkenalkan di acara live-stream Glastonbury pada Mei 2021 lalu. 

Side project sang vokalis dan gitaris Radiohead ini pun sempat mengejutkan penggemar dengan sesi latihan di media sosial di Instagram Live mereka pada 2 Desember 2021 lalu. Rekaman itu menunjukkan ketiga anggota kelompok itu berlatih. Musik baru dari The Smile pn diharapkan meluncur dalam waktu dekat.

“The Smile muncul dari hanya ingin mengerjakan musik dengan Thom dalam kondisi lockdown. Kami tidak punya banyak waktu, tapi kami hanya ingin menyelesaikan beberapa lagu bersama. Ini sudah sangat berhenti-mulai, tapi rasanya cara yang menyenangkan untuk membuat musik,” ungkap Jonny Greenwood dalam sebuah wawancara dengan NME.

The Smile sendiri saat ini sedang mengerjakan album full-length terbarunya.

“Kami duduk di depan tumpukan musik, mencari tahu apa yang akan membuat rekaman itu. Kami sedang memikirkan berapa banyak yang akan dimasukkan, apakah sudah benar-benar selesai atau ada beberapa gitar yang perlu diperbaiki. Saya berharap itu akan segera keluar, tetapi saya orang yang salah untuk bertanya,” lanjut Jonny Greenwood.

Jonny Greenwood telah memberikan pembaruan baru tentang kemajuan album debut The Smile yang akan datang. Album debut The Smile sekarang hampir selesai, dengan Yorke dan Godrich memberikan petunjuk samar tentang kemajuannya bulan Agustus lalu.

“Kami sedang memikirkan berapa banyak yang akan dimasukkan, apakah sudah benar-benar selesai atau ada beberapa gitar yang perlu diperbaiki. Saya berharap itu akan segera keluar, tetapi saya orang yang salah untuk bertanya,” kata Jonny Greenwood.

Pada September lalu, ketika ditanya apakah lagu Skating On The Surface, yang sempat dimainkan The Smile selama streaming langsung di Glastonbury, akan ditampilkan dalam rekaman atau tidak, Jonny Greenwood menjawab, "Ya, saya tidak tahu apakah itu pasti lagu untuk The Smile. Kami telah merekam semua yang kami mainkan di Glastonbury, tetapi saya tidak tahu apakah itu akan ada di album. Seperti yang saya katakan, kita harus melalui semua yang ada di tumpukan. Saya sangat lega bahwa semuanya untuk [film biografi Putri Diana] Spencer selesai minggu ini, karena minggu depan kita bisa masuk ke The Smile dan memastikan itu dalam keadaan baik.”

Kisah Pertemuan Thom dan Jonny Membentuk Radiohead

Seperti diketahui, Thom Yorke dan Jonny Greenwood adalah dua personel band rock Inggris, Radiohead. Band ini dibentuk tahun 1985 di Abingdon, Oxfordshire. Mereka memulai debutnya lewat single Creep yang terkenal tahun 1992 dan merilis setidaknya sembilan album sejak 1993. Di balik nama besarnya, ada cerita unik sebelum band ini dibentuk.

Para personel Radiohead bertemu saat bersekolah di Abingdon School, sebuah sekolah independen untuk anak laki-laki di Abingdon, Oxfordshire. Gitaris dan penyanyi Thom Yorke dan bassis Colin Greenwood berada di tahun yang sama. Sementara gitaris Ed O'Brien dan drummer Philip Selway tahun di atas, termasuk multi-instrumentalis Jonny Greenwood, saudara Colin, dua tahun di bawah. 

Pada tahun 1985, mereka membentuk band On a Friday, nama yang mengacu pada hari latihan mereka yang biasa di ruang musik sekolah. Jonny adalah yang terakhir bergabung, pertama pada harmonika dan kemudian keyboard, tetapi segera menjadi gitaris utama. Jonny Greenwood sebelumnya berada di band lain, Illiterate Hands, dengan musisi Nigel Powell dan saudara laki-laki Yorke, Andy Yorke. Menurut Colin, anggota band memilih instrumen mereka karena mereka ingin bermain bersama, bukan karena minat tertentu.

Sebenarnya, band tidak menyukai suasana sekolah yang ketat—kepala sekolah pernah menuduh mereka menggunakan ruang latihan pada hari Minggu. Mereka memuji guru musik mereka karena memperkenalkan mereka pada jazz, skor film, musik avant-garde pascaperang, dan musik klasik abad ke-20. Oxfordshire dan Thames Valley memiliki kancah musik independen yang aktif pada akhir 1980-an, tetapi itu berpusat pada band-band shoegaze seperti Ride dan Slowdive. 

Berdasarkan kekuatan demo awal, On a Friday ditawari kontrak rekaman oleh Island Records, tetapi mereka memutuskan bahwa mereka tidak siap dan ingin melanjutkan studinya. Semua personel dari kedua band meninggalkan Abingdon untuk berkuliah, kecuali Jonny Greenwood. Namun, On a Friday terus berlatih pada akhir pekan dan hari libur.

Di University of Exeter, Yorke bermain dengan band Headless Chickens, membawakan lagu-lagu, termasuk materi-materi lagu yang kemudian dibawakan Radiohead di masa depan. On a Friday pun terus tampil di Oxford, label rekaman dan produser menjadi tertarik. Chris Hufford, produser Slowdive dan salah satu pemilik Oxford's Courtyard Studios, menghadiri konser On Friday.

Kemudian pada akhir 1991, setelah pertemuan kebetulan antara Colin dan perwakilan A&R Keith Wozencroft di Our Price, toko kaset tempat Colin bekerja, On a Friday menandatangani kontrak rekaman enam album dengan EMI. Setelah itu, EMI pun meminta nama On a Friday diubah menjadi Radiohead. Nama "Radiohead" diambil dari lagu Radio Head di album Talking Heads True Stories (1986).

Terkini, Radiohead baru-baru ini merilis ulang album Kid A dan Amnesiac secara bersama-sama sebagai koleksi bersama dalam perayaan ulang tahun ke-21 dua album tersebut. Selain itu, Radiohead juga merilis album bertajuk Kid Amnesiae yang berisi materi-materi yang belum dirilis yang tidak masuk final cut selama sesi rekaman kedua album tersebut.

Image source: NME